ISBI Tanah Papua Laksanakan PKKMB 2023
admin web | 16 Agustus 2023 | Dibaca 336 kali |

Dalam rangka menyiapkan Mahasiswa Baru (Maba), ISBI Tanah Papua telah  mengelar Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023. PKKMB tersebut telah dilaksanakan  selama 2 hari mulai Selasa (15/8/2023) hingga Rabu (16/8/2023).

Tujuan khusus kegiatan PKKMB ini meliputi yang pertama untuk menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara, peduli lingkungan serta masyarakat sesuai dengan 4 pilar kebangsaan yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika. Kedua untuk memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan sivitas akademika di ISBI Tanah Papua dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan tridarma perguruan tinggi. Ketiga memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa, sebagai insan pradewasa bagi diri dan lingkungan sekitar; mewujudkan kampus yang ramah (inklusif), aman, dan sehat. Keempat untuk membentuk karakter mahasiswa yang mengedepankan sikap sebagai intelektual yang mengandalkan kecerdasan berpikir, kedewasaan dalam bertutur kata dan bertindak, anti kekerasan, anti perundungan, berbudaya, bermartabat, dan inspiratif. Kelima untuk memperkenalkan kiat sukses belajar dan mengembangkan diri di perguruan tinggi melalui konsepsi dan praktik Merdeka Belajar – Kampus Merdeka(MBKM). Keenam merancang hari esok generasi unggul yang mandiri dan bertanggung jawab; dan terakhir untuk mewujudkan mahasiswa menjadi pembelajar yang lincah dan tangguh.

Narasumber yang dihadirkan untuk memberikan materi pada saat pelaksanaan PKKMB diantaranya BNN Provinsi Papua, Polda Papua, Dinas Pendidikan Provinsi Papua dan Bank Mandiri. Pemateri dari Kampus ISBI Tanah papua diantaranya Ketua Jurusan, Koordinator Program Studi, Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, BEM dan HMJ.

Semua pelaksanaan PKKMB berjalan dengan baik dan lancar. Diakhir penutupan PKKMB dilaksanakan Pertunjukan dan Pameran Karya Seni oleh semua mahasiswa baru.




BAGIKAN :