FAD UKDW Jalin Kerja Sama dengan ISBI Tanah Papua
admin web | 03 November 2023 | Dibaca 527 kali |

Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta resmi menjalin kerja sama dengan Jurusan Seni Rupa dan Desain Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua pada hari Rabu, 1 November 2023. Perjanjian Kerja Sama ditandatangani langsung oleh Dr. Imelda Irmawati Damanik, S.T., M.A.(UD) selaku Dekan FAD UKDW dan Bayu Aji Suseno, M.Sn. selaku Ketua Jurusan Seni Rupa dan Desain ISBI Tanah Papua.

Turut hadir dalam acara tersebut Putri Prabu Utami, M.S. (Dosen Prodi Kriya Seni ISBI Tanah Papua), Dr.-Ing. Ir. Winarna, M.A. (Wakil Dekan I FAD dan Kaprodi S2 Arsitektur UKDW), Winta Tridhatu Satwikasanti, S.Ds., M.Sc., Ph.D. (Kaprodi Desain Produk UKDW), Linda Octavia, S.T., M.T. (Kaprodi S1 Arsitektur UKDW), Christian Nindyaputra Octarino, S.T., M.Sc. (Wakil Dekan II FAD UKDW), Adimas Kristiadi, S.T., M.Sc. (Wakil Dekan III FAD UKDW), dan para dosen Prodi Desain Produk UKDW.

Dalam sambutannya Dr. Imelda Irmawati Damanik, S.T., M.A.(UD) mengatakan jika kolaborasi ini sangat diperlukan karena tantangan di dunia pendidikan makin terasa dimana pelaksanaan tri dharma dituntut untuk tidak lagi monodisiplin tetapi harus multidisiplin. “Kolaborasi ini diharapkan tidak hanya dalam bidang penelitian maupun publikasi saja, harapannya bisa sampai pada HAKI dan paten,” terangnya.

Sementara itu, Winta Tridhatu Satwikasanti, S.Ds., M.Sc., Ph.D. mengungkapkan Prodi Desain Produk UKDW memiliki visi untuk menghasilkan generasi profesional mandiri di bidang desain produk dalam rangka mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan berdasarkan keadilan, kesetaraan, dan kasih. “Untuk skema kurikulum pembelajaran dibagi menjadi empat tahapan yaitu design foundationdesign exploration, design thinking, dan design methods. Terkait profil lulusan, kami petakan menjadi empat yakni design entrepreneur, product designer, craft designer, dan design researcher,” tambahnya.

Sedangkan Bayu Aji Suseno, M.Sn. menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh FAD UKDW atas kerja sama yang telah terjalin. Ia juga menyampaikan jika sebelumnya telah bekerja sama dengan Winta Adhitia Guspara, S.T., M.Sn., salah dosen Desain Produk UKDW, dalam hal penelitian bersama terkait pembuatan produk dari kulit kayu. 

BAGIKAN :