Kolaborasi UM dan ISBI Tanah Papua untuk Kebudayaan dan Pendidikan yang Lebih Baik
admin web | 07 Februari 2024 | Dibaca 2506 kali |

foto bersama Rektor UM dan Rektor ISBI Tanah Papua beserta jajarannya

 

Universitas Negeri Malang (UM) dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua menggelar acara penandatanganan memorandum of understanding (MoU) di ruang sidang rektor lantai 8 UM pada Rabu (07/02). Acara ini dihadiri langsung oleh Rektor ISBI Tanah Papua, Dr. I Dewa Ketut Wicaksana, SSP, M.Hum, beserta jajaran pimpinan ISBI.

Dalam sambutannya, Rektor ISBI Tanah Papua, Dr. I Dewa Ketut Wicaksana, menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan UM untuk mendampingi ISBI, terutama dalam menghadapi perubahan status dari PTN-Satker menjadi PTN-BLU. Beliau juga menjelaskan kondisi ISBI yang mengalami konflik “palang” dan kondisi gedung yang masih belum layak untuk menjadi ruang kelas. Dr. I Dewa Ketut Wicaksana berharap UM, sebagai perguruan tinggi yang lebih senior, dapat memberikan bimbingan dan masukan terkait rencana pengembangan ISBI ke depannya.
Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd, menyambut hangat kerjasama ini dan berharap dapat membantu usulan program revitalisasi perguruan tinggi yang tengah diusahakan oleh ISBI Tanah Papua. Melalui sambutannya, Prof. Dr. Hariyono juga memberikan saran terkait konflik “palang” yang dihadapi oleh ISBI.


“Penting untuk mengadakan kegiatan interaktif demi menunjukkan kepada masyarakat lokal di Papua bahwa ISBI memiliki visi yang tulus dalam membantu melestarikan kesenian di Tanah Papua sekaligus menjadi wadah untuk menggali mutiara seni di sana. Dengan begitu, diharapkan saudara-saudara di Papua tidak akan menolak dan barangkali justru akan membantu kegiatan ISBI,” ungkap Prof. Dr. Hariyono, M.Pd, sebagai saran atas konflik “palang” yang tengah dihadapi oleh ISBI Tanah Papua.

UM dan ISBI Tanah Papua sepakat untuk menandatangani MoU yang dilakukan oleh masing-masing rektor. Dari pihak ISBI Tanah Papua, penandatanganan MoU dilakukan oleh Dr. I Dewa Ketut Wicaksana, SSP, M.Hum dan dari pihak UM dilakukan oleh Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. Penandatanganan dilakukan di hadapan para pejabat dan staf dari kedua institusi, termasuk di antaranya Dr. Yunus Wafom, S.Pd., M.Si. (Wakil Rektor Bidang Non Akademik ISBI), Prof. Dr. Puji Handayani, S.E., M.M., CA, CMA (Wakil Rektor II UM), dan Dr. Yuni Rahmawati, S.T., M.T. (Direktur Perencanaan, Data, Informasi, Pemeringkatan, Hubungan Masyarakat, dan Kerjasama).


Acara ditutup dengan penyerahan cinderamata oleh Rektor UM kepada Rektor ISBI dan sesi foto bersama sebagai tanda kesepakatan dan komitmen dalam menjalankan kerjasama. Kedua belah pihak berharap kerjasama ini akan memberikan manfaat positif, terutama dalam upaya revitalisasi perguruan tinggi dan pelestarian seni budaya di Tanah Papua.

https://um.ac.id/berita/kolaborasi-um-dan-isbi-tanah-papua-untuk-kebudayaan-dan-pendidikan-yang-lebih-baik/

BAGIKAN :